Kenapa Menulis Di Blog ?



Kenapa Menulis Blog ?

Ketika ditanya dengan pertanyaan di atas? aku sempat merenung. Hal ini karena ada beberapa alas an yang perlu aku utarakan secara sistematis. Sehingga, rekan-rekan pembaca dapat lebih paham dan tidak tumpang tindih. Nah, berikut ini alasanku mengapa menulis di Blog?
Cikal bakal mengapa nge-blog tentu saja berawal dari kebingunganku untuk menumpahkan uneg-uneg. Boleh dikata orang introvert sepertiku memang cenderung tidak terlalu suka banyak bercerita mengenai hal pribadi kepada orang lain. Maka, salah satu caranya dengan menulis. 

Pertama, Blog merupakan Jembatan Penyalur Ide Yang Tertanam di Kepala
Pikir, Ide, Inovasi, Imajinasi
sumber : pixabay.com
Aku bukanlah tipe orang yang memang suka cerita a-b-c-d ke banyak orang. Tak ayal, terkadang aku suka memendam dan mengendapkan cerita-cerita itu di kepala. Aku lebih suka menuliskan berbagai cerita itu dalam rangkaian alinea. Rasanya plong ketika semuanya sudah dituliskan. Meskipun kadang cerita dan idenya kemana-mana. Kupilih blog karena media ini bukan hanya menjadi ajang tempat curhat, tetapi dapat menjadi sarana menyalurkan ide yang ada dalam kepala.

Kedua, Blog menjadi sarana Menebar Kebaikan Karena Dapat Disebarluaskan Secara masif
Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain, Nah, salah satu sarana menebar kebaikan adalah melalui menulis. Tulisan yang bermanfaat dan ditulis di blog dan dapat dibaca banyak orang. Hal ini karena blog menyediakn fitur untuk dapat membagikan tulisan ke media sosial lain yang dimiliki seperti di facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya. Tulisan yang dimaksud dapat berupa tips, pengetahuan, ilmu yang dapat memberikan pengetahuan kepada banyak orang. Ambil contoh nih, aku ingin melakukan perjalanan kali pertama ke Pulau Komodo. Sebagai orang yang awam dengan lokasi tersebut, aku dapat mencari tulisan di blog terkait hal tersebut. Sebut saja tulisan traveler seperti mbak katerina pemilik www.travelerien.com. Disana kita bisa tahu pengalaman yang bersangkutan ketika mengunjungi pulau itu. Setidaknya kita punya gambaran mau apa dan bagaimana disana nanti.

Ketiga, Blog menjadi Media yang efektif untuk menulis secara lebih Sistematis

Menulis itu butuh belajar. Setuju bukan? Merangkai kata demi kata itu membutuhkan ilmu. Sehingga tulisan yang dihasilkan dapat renyah dibaca. Hehehe. Nah, blog menjadi media untuk itu. Menulis di blog memang tidak ada standarnya harus berapa panjang. Namun setidaknya kita bisa membuat susunan kalimat yang lebih sistematis dan tertata. Berbeda ketika kita menulis di  media sosial lainnya seperti facebook, twitter ataupun instagram yang cenderung  harus singkat dan padat. Di blog kita bisa merangkai ide demi ide agar terbangun secara utuh sebuah cerita yang kita kehendaki.

Keempat, Blog adalah Media Yang Menjadi Alarm agar Konsisten Menulis
Jangan salah, menulis itu sifatnya moody-an bagi sebagian orang. Jadi, nge-blog itu  bisa menjadi media agar tidak konsisten dan displin menulis. Katanya blogger, tapi jarang update tulisan. Nah, malu juga kan. Setidaknya dengan menulis di blog. Kita bisa melihat perkembangan tulisan kita sendiri dari waktu ke waktu. Serta kita bisa membuat target untuk diri pribadi agar menulis tiap 2 hari sekali, satu minggu sekali dst.

Kelima, Blog menjadi sarana Membangun Networking di Dunia Maya
Media Sosial, Koneksi, Jaringan, Bisnis
sumber : pixabay.com
Sekarang ini yang namanya teman dan jaringan sudah banyak terjadi di dunia maya. Lah wong jodoh aja banyak yang ketemu di dunia maya. Hehehe. Melalui menulis di blog, kita akan bertemu dengan banyak komunitas. Tak jarang juga, kita bisa mendapatkan pendapatan dari menulis di blog. Aku sendiri meskipun tidak sering, tapi pernah mendapatkan pendapatan dari hasil menulis di blog.

Yuk, mari berbagi guna menguatkan literasi !

Tidak ada komentar

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)