L-E-M-O-N Jadi Alasanku Cinta Pada FLP

Workshop Kepenulisan yang digelar oleh FLP Bengkulu
Ketika membaca judul di atas, mungkin kita akan bertanya-tanya, apa hubunganya Lemon dengan alasanku cinta dengan FLP (Forum Lingkar Pena) yang notabennya merupakan salah satu organisasi yang berupaya menguatkan peradaban dengan membangun sekadaran literasi melalui upaya melahirkan para penulis bermental tangguh dan berjiwa sosial Sebagai salah satu buah favorit yang suka kuminum saban pagi bersama air putih hangat. Tapi, lemon yang kumaksud dalam hal ini adalah sebuah singkatan jawaban atas pertanyaan, "Apa 5 alasanmu cinta FLP?" Nah sebagai upaya menjawab pertanyaan tersebut, maka aku singkat jawabannya menjadi LEMON. Seperti buah favoritku ini. Lantas apa saja kepanjangan dari tiap hurufnya. Yuk disimak terlebih dahulu !

L = Lahan untuk belajar 3K
Pangkalan Sastra menjadi ruang diskusi untuk menimba ilmu dari para penulis

Mengapa FLP (Forum Lingkar Pena) menjadi lahan belajar? Perlu diketahui sebagai salah satu organisasi yang lahir pada tahun 1997. Forum Lingkar Pena telah menjadi tempat bagi para ribuan penulis muda untuk belajar. Nah yang namanya belajar itu kan proses, kalau proses tentu membutuhkan waktu yang panjang serta berkesinambungan, bukan?! Di Forum Lingkar Pena ini, kita akan banyak belajar tentang definisi menulis secara baik dan benar, mengenal literasi hingga bagaimana menjadi pelaku organisasi dalam menjalani peran dan aktivitas di berbagai divisi. Istilahnya, di organisasi ini kita akan mendapatkan paket 3K, belajar dunia kepenulisan, keorganisasian sekaligus nilai keislaman. Sebagaimana dikutip dalam quotes FLP 2013-2017 berikut :


 "Terbentuknya sistem pengaderan yang menghasilkan penulis yang memiliki kemampuan mupuni dalam kepenulisan, keorganisasian, dan keislaman."


Jadi kalau gabung ke FLP bisa diibaratkan dapat kopi dengan paket komplit yang three in one, lah. Heheh.

E = Energyofwriting

Penulis bersama salah seorang Penulis Kece Mbak Mildaini yang sekaligus Founder Komunitas Blogger Bengkulu

Energy Of Writing adalah alasanku selanjutnya. Nah, rekan-rekan mesti jadi ingat hastag yang lagi viral beberapa waktu yang lalu ya. Heheh. Tapi kali ini beda, yang dimaksud dengan energy of writing disini ialah energi yang muncul ketika hendak, tengah dan selesai menulis. Energi ini bisa jadi akan muncul tatkala kita berada di komunitas yang sama, bukan? Dimana, kita akan saling mengingatkan untuk berkarya satu sama lainnya sesama penulis. Di beberapa kepengurusan, tak jarang ada target yang telah ditetapkan untuk menjaga semangat menulis. Soalnya, kalau boleh jujur, menulis itu ibaratnya seperti jalan ke bukit atau gunung. Ada turun naiknya. Sehingga kita butuh saling memberikandukungan berupa energi untuk senatiasa menulis. Apalagi ketika ada rekan kita yang satu persatu mulai terbit karyanya. Mereka bisa jadi pemicu untuk semangat dalam menulis. Selain itu di Forum Lingkar Pena kita pun diajarkan untuk menulis dengan menggunakan hati, tujuannya agar amanat dan makna dari tulisan bisa sampai kepada para pembaca. Bagaimana kita mampu mengajak orang lain untuk jujur pada dirinya, bersyukur, peduli dan berani. Sehingga tiap tulisan kita bisa bermanfaat.

M = Misi yang Oke Punya Untuk Mencapai Visi Yang Mencerahkan 


Salah satu buku antalogi karya bersama FLP Bengkulu
Misi merupakan cara untuk mencapai tujuan dari organisasi. Sedangkan Visi merupakan Gmabaran dan tujuan dari suatu lembaga. Nah, sebagai sebuah organisasi FLP pun memiliki visi dan misi. Dari visi dan misi ini, kita bisa tahu, kita itu mau apa dan bagaimana nantinya. Disini, penulis akan sharing sekilas mengenai misi yang bisa membuat penulis jadi cinta dengan FLP. 
1. Meningkatkan mutu dan produktivitas karya anggota sebagai sumbangsih berarti bagi 
    masyarakat.
2. Membangun jaringan penulis yang menghasilkan karya-karya berkualitas dan 
    mencerdaskan.
3. Meningkatkan budaya membaca dan menulis di kalangan masyarakat.
4. Memperjuangkan kehidupan yang lebih baik bagi penulis

Dari misi tersebut tujuannya adalah yang mampu menjadi organisasi yang memberikan pencerahan melalui tulisan. Nah, gimana? visi dan misinya sudah baik dan bermakna kan ya.

O = Organisasi Yang Memiliki Supporting System


Kartu Anggota FLP Bengkulu
Nah, untuk mencapai visi dan misi dalam setiap periode kepengurusan, Forum Lingkar Pena memiliki supporting system. Lantas apa itu supporting system itu ? Supporting System adalah system yang mendukung kita, baik melalui wujud materi dan imateri. Sebuah organisasi memerlukan sebuah supproting system agar dapat berjalan dengan baik. Nah di Forum Lingkar Pena kita akan didukung dengan beragam suguhan informasi mengenai kepenulisan, mulai dari menulis yang baik hingga beragam lomba yang dapat diikuti oleh para penulis, serta berbagai media yang bisa jadi sarana untuk mempublikasi tulisan kita. Pokoknya semua hal yang menyangkut dunia literasi. Selain itu, FLP pun menyediakan fasilitas berupa program kepenulisan, menerbitkan buku bersama hingga kepemilikan KTA (Kartu Tanda Anggota). Kartu ini menjadi identitas kita yang dapat digunakan untuk menghadiri seminar dan workshop kepenulisan yang digelar oleh FLP Cabang atau Wilayah. Sehingga kita dapat bertemu dan berdiskusi langsung dengan para penulis yang sudah berpengalaman dan profesional. Nah, kita yang baru pemula bisa jadi banyak belajar.

N = Niat  mengarah pada  Dakwah dan Kebaikan

  
Sebagaimana hadist Arbain yang pertama, bahwa segala sesuatunya berawal dari niat. Maka, menariknya, kita diajarkan untuk membuat tulisan dengan niat ibadah dan dakwah yang bermuara pada kebaikan. Nah, tahukah kalian, bahwa Ali bin abi thalib pernah berkata bahwa pena itu bisa setajam pedang. Sehingga dapat membinasakan hal-hal yang mungkar. Pun juga sebaliknya. Sehingga forum lingkar pena menjadi wadah untuk senantiasa dapat menjaga para anggotanya agar dapat menulis dengan niat dakwah menyebar kebaikan. Bukankah, kebaikan yang didapat dari tulisan, ketika mampu diserap oleh orang lain mampu menjadi amal jariyah yang menjadi aset pahala di hari akhir nanti.  Jadi, kita juga ga rugi.


Nah itu tadi beberapa alasanku mengenai alasanku cinta pada FLP yang kemudian kusingkat menjadi LEMON, seperti buah favoritku.Heheh

 
Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba blog dari Blogger FLP pada rangkaian Milad FLP 22 Th




1 komentar

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)