Persyaratan Prosedur Perpanjangan SIM Di Bencoolen Indah Mall


Dokumentasi Pribadi, 2021

Surat Izin Mengemudi atau biasa disingkat SIM merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh pengendara sepeda motor maupun mobil. SIM-biasa orang menyebutnya, memiliki jangka waktu penggunaan. Umumnya, masa berlaku SIM adalah sekitar 5 tahun. Nah, ketika masa berlaku SIM habis, maka pengendara biasanya diminta untuk memperpanjang, agar aman dan nyaman saat berkendara. Untuk memperpanjang SIM di Kota Bengkulu, kita dapat  melakukannya di Gerai Perpanjangan SIM yang terletak di Bencoolen Indah Mall (BIM) atau di Polres Kota Bengkulu. Waktu pelayanan dari Senin-Jumat pukul 09.00 - 14.00 WIB, Hari sabtu pukul 09.00 - 12.00 WIB. Sedangkan hari minggu libur. Secara pribadi, aku sendiri baru selesai memperpanjang SIM C yang diperuntukkan untuk pengendara motor. Nah, apa saja dan bagaimana prosedurnya? Yuk simak ulasannya!


Suasana di Ruang Layanan
Dokumentasi Pribadi, 2021

Pertama, perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlakunya berakhir. Pengendara hendaknya melengkapi syarat yang diperlukan untuk perpanjangan SIM C, diantaranya : Surat Keterangan Sehat dari pihak Medis. Nah, untuk melakukan perpanjangan SIM di Gerai Perpanjangan SIM, maka pengendara dapat mengurus surat keterangan Sehat dari Klinik yang sudah bekerjasama dengan Pihak Kepolisian-salah satunya ialah Klinik Penta Farma, yang terletak di Kampung Bali.  Pengendara akan diperiksas tekanan darah, berat badan, tinggi badan, tes buta warna, dan mata. Setelah pemeriksaan berlangsung, maka pengendara akan mendapatkan surat keterangan sehat. Biaya administrasi yang diperlukan untuk mendapatkan Surat Keterangan Sehat dari Klinik Penta Farma  adalah Rp 60.000.

Selanjutnya, setelah surat keterangan sehat siap, maka pengendara dapat menuju ke gerai perpanjangan SIM dengan membawa 1 Lembar Fotokopi KTP, Surat Keterangan Sehat, SIM lama yang sudah habis masa berlakunya serta KTP asli yang ditunjukkan kepada petugas. Tak lupa, pengendara diminta untuk mengisi formulir yang telah tersedia. Setelah kelengkapan berkas siap, maka dapat diserahkan kepada petugas layanan.


Formulir Isian Perpanjangan SIM

 

Antri menunggu giliran Foto dan Validasi Data di SIM
Dokumentasi Pribadi, 2021

Nah, selanjutnya, pengendara akan diminta menunggu untuk untuk dapat dipanggil oleh petugas. Setelah menunggu beberapa saat, petugas akan memanggil pengendara untuk melakukan foto, validasi sidik jari dan tanda tangan. Setelah melakukan sesi foto dan validasi data, pengendara diminta menunggu hasil SIM yang telah dicetak. Standar waktu penerbitan diperkirakan sekitar 30 Menit jika permohonan  sudah lengkap dan memenuhi persyaratan. Petugas akan memanggil untuk menyerahkan SIM dan kartu jasa raharja. Untuk biaya administrasi untuk pembuatan SIM C adalah Rp 155.000,- yang langsung dapat diserahkan kepada petugas layanan.

 


1 komentar

  1. Wah, jadi tahu sekarang... terima kasih atas informasinya mbak...

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)