Apa itu Rumah Tangga Ber-PHBS?

Hasil gambar untuk rumah tangga ber PHBS
Sumber : detiriau.org
Rumah Tangga PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri dibidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. PHBS itu jumlahnya banyak sekali, bisa ratusan. Misalnya tentang gizi : makan beraneka ragam makanan, minum tablet tambah darah, mengkonsumsi garam beryodium, memberi bayi dan balita kapsul vitamin A. Setiap rumah tangga dianjurkan untuk melakukan  semua perilaku sehat. Mengapa penting dilakukan? alasannya agar seluruh rumah tangga menjadi rumah tangga ber-PHBS untuk mencapai indonesia  sehat. Adapun indikator dari PHBS diantaranya :

1. Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan
Hasil gambar untuk persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan
sumber : dinkes.lumajangkab.go.id
Tenaga kesehatan merupakan orang yang sudah ahli dalam membantu persalinan, sehingga keselamatan ibu dan bayi terjamin. Mengapa setiap persalinan harus ditolong oleh tenaga kesehatan? Aabila terjadi kelainan, akan cepat diketahui dan segera ditolong atau dirujuk ke puskesmas atau rumah sakit. Persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan menggunakan peralatan yang aman, bersih dan streil sehingga mencegah terjadinya infeksi dan bahasa kesehatan lainnya. Lantas peran keluarga untuk mendukung persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan. Misalnya : ingatkan ibu hamil untuk memeriksakan kandungannya, segera hubungi bidan atau dokter, menyiapkan biaya persalinan atau tabungan ibu bersalin. 

2. Memberi bayi ASI Ekslusif
Hasil gambar untuk memberi asi eksklusif
sumber : berkahkhair.com
Pemberian bayi ASI Ekslusif penting dilakukan sejak lahir sampai usia 6 bulan. Bayi hanya diberi ASI saja dan tidak diberi makanan dan minuman tambahan apapun. ASI sendiri mengandung zat gizi sesuai kebutuhan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik serta kecerdasan. ASI mengandung zat kekebalan untuk mencegah bayi dari berbagai penyakit infeksi seperti diare, batuk pilek, radang tenggorokan dan gangguan pernafasan.

3. Menimbang Balita setiap bulan
Hasil gambar untuk menimbang bayi setiap bulan
sumber : slideshare.net
Balita perlu ditimbang setiap bulan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangannya. Penimbangan balita dilakukan setiap bulan mulai umur 1 tahun sampai 5 tahun di Posyandu. Manfaatnya mengetahui apakah balita tumbuh sehat dan mencegah gangguan pertumbuhan balita. 

4. Menggunakan air bersih
Mengapa menggunakan air bersih? Karena dapat terhindar dari gangguan penyakit seperti diare, kolera, disentri, tipus, cacingan, penyakit mata, penyakit kulit dan keracunan. Air bersih sendiri memiliki ciri tidak berwarna, tidak berbau, tidak keruh dan harus bening.

5. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun
Hasil gambar untuk menggunakan air bersih
sumber : dinkes.malangkota.go.id
Mengapa perlu mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih? Air yang tidak bersih dapat menyebabkan penyakit. Serta memudahkan untuk kuman berpindah. Penggunaan sabun dapat membersihkan kotoran dan membunuh kuman yang masih tertinggal di tangan. 

6. Menggunakan jamban sehat
Hasil gambar untuk menggunakan jamban sehat
sumber : perilakuhidupbersihdan sehat.blogspot.com
Jamban adalah suatu ruangan yang mempunyai fasilitas pembuangan kotoran manusia yang terdiri atas tempat jongkok atau tempat duduk dengan leher angsa atau tanpa leher angsa yang dilengkapi dengan unit penampungan kotoran dan air untuk membersihkannya. Mengapa harus menggunakan jamban? Hal ini sebagai upaya menjaga lingkungan bersih, sehat dan tidak berbau, tidak mencemari sumber air yang ada di sekitarnya. Jamban sehat harus memiliki syarat diantaranya : tidak mencemari tanah disekitarnya, mudah dibersihkan, penerangan dan ventilasi cukup. Agar senantiasa bersih, maka lantai dan dinding jamban hendaknya selalu dibersihkan agar tidak ada air yang mengenang dan kotoran yang menempel. 

7. Memberantas jentik di rumah seminggu sekali
Rumah bebas jentik adalag rumah tangga yang setelah dilakukan pemeriksaab jentik berkala tidak terdapat jentik nyamuk. Untuk mencegah demam berdarah maka lakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan cara 3 M Plus (Menguras, Menutup, Mengubur, Plus Menghindari gigitan nyamuk).

8. Makan sayur dan buah setiap hari
Makan sayur dan buah setiap hari sangat penting karena mengandung vitamin dan mineral yang mengatur metabolisme energi, pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh, serta mengandung serat yang dibutuhkan oleh tubuh. 

9.Melakukan aktivitas fisik setiap hari
Hasil gambar untuk melakukan aktivitas fisik
sumber : puskesmas.bantulkab.go.id
Apa itu aktivitas fisik? Aktifitas fisik adalah melakukan pergerakan anggota tubuh yang menyebabkan pengeluaran tenaga yang sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan fisik, mental dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat dan bugar sepanjang hari. Aktivitas fisik misalnya : berjalan kaku, berkebun, kerja di taman, mencuci pakaian, mengepel lantai, naik turun tangga, membawa belanjaan, berolahraga dan lain sebagainya. Aktivitas fisik dapat dilakukan sekitar 30 menit sehingga dapat menyehatkan jantung, paru-paru serta tubuh lainnya. Keuntungan dari aktivitas fisik ini dapat terhindar dari penyakit jantung, stroke, kanker, osteoporosis dan lain sebagainya. 

10. Tidak merokok di dalam rumah
Hasil gambar untuk tidak merokok
sumber : pixabay.com
Merokok merupakan aktivitas mengisap bahan kimia berbahaya, yakni diantaranya adalah nikotin yang dapat menyebabkan ketagihan dan merusak jantung serta aliran darah. Merokok dapat menyebabkan gangguan pada mata, kehilangan pendengaran, merusak gigi, menyebabkan kanker kulit, kanker rahim, impotensi dan berbagai bahaya penyakit lainnya. Ada 3 cara untuk berhenti merokok, yaitu : berhenti seketika, menunda dan mengurangi. Hal yang paling utama adalah tekad bulat untuk melaksanakan cara tersebut. 

Sumber : Buku Saku Rumah Tangga Sehat Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Tidak ada komentar

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)