Prosedur Pergantian Plat Nomor dan Kepemilikan Kendaraan di Samsat Kota Bengkulu

https://samsat.bengkuluprov.go.id/

Pada kesempatan kali ini, aku mau untuk sedikit berbagi pengalaman ketika hendak melakukan perpanjangan plat motor sekaligus mengganti nama kepemilikan motor. Aku sengaja mengurusnya sendiri dengan tujuan memperoleh informasi serta gambaran setiap tahapannya agar jelas. Perpanjangan motor yang aku lakukan memang tidak membutuhkan waktu yang lama, namun tetap saja, kita sebagai pemilik perlu meluangkan waktu ketika hendak mengurusnya sendiri. 

Kala itu, aku berangkat ke samsat Kota Bengkulu sekitar pukul 09.00 pagi. Saat di pintu masuk, kita akan disambut petugas. Ada baiknya kita menyampaikan maksud dan tujuan kepada petugas tersebut. Sehingga kita dapat langsung diarahkan ke tahapan selanjutnya. Saat itu aku perlu menyerahkan STNK serta tanda bukti pembelian motor (jangan lupa untuk mempersiapkan KTP serta fotocopynya). Petugas langsung memberikan Map khusus yang perlu kita isi sendiri di halaman depannya (seingatku mengisi nama dengan menggunakan spidol yang tersedia). Kemudian, aku diminta petugas untuk menuju ke pemeriksaan mesin motor di area khusus pemeriksaan. Kita perlu menyerahkan map yang sudah dilengkapi dengan berkas kepada petugas. Secara bergantian nama kita akan dipanggil sesuai antrian serta diperiksa untuk kemudian dicek no seri yang akan ditempelkan pada berkas yang ada.



Lokasi Pembayaran Pajak STNK Kendaraan 


Setelah proses pemeriksaan motor selesai, kita kemudian diminta untuk masuk ke gedung penyelesaian administrasi. Saat masuk ke ruangan, ada petugas yang duduk di depan ruangan yang siap membantu untuk mengarahkan alur yang perlu kita jalani. Petugas tersebut mengarahkanku untuk menuju ke bagian penyerahan berkas. Sebagaimana budaya antri yang selama ini diajarkan, maka aku mencoba untuk antri tepat di belakang seorang pengendara yang juga mengurus berkas. Setelah menyerahkan berkas kepada petugas, aku diminta untuk menunggu dan duduk sebentar di kursi yang tersedia. Tidak berselang lama, namaku dipanggil untuk melakukan pembayaran. Sekitar 2-3 kali aku dipanggil di bagian yang berbeda, namun masih di ruangan yang sama untuk melakukan pembayaran. Maklum saja, selain mengurus pajak kendaraan, aku pun perlu mengurus pergantian plat nomor kendaraan serta pergantian nama kepemilikan. 

Lokasi Pembayaran STNK

Alhasil, setelah menunggu sekitar 15-20 menit, aku tinggal menunggu STNK ku selesai dan mengambilnya di bagian pengambilan STNK. Pada bagian ini, para pengendara diminta untuk menandatangani berkas pengambilan yang tersedia, sambil membubuhkan tanda tangan sebagai bukti pengambilan.

Bangunan untuk pengambilan plat motor

Selanjutnya, untuk pengambilan plat baru, aku diarahkan petugas untuk menuju ke bagian pengambilan plat yang letak lokasinya berada di luar gedung. Tidak jauh, meskipun lokasinya terpisah. Aku lantas menyerahkan STNK yang baru saja diterima di kotak yang tersedia. Sama halnya dengan pengendara lainnya, aku pun langsung mengambil tempat untuk menunggu pemanggilan. Tidak butuh waktu lama, namaku pun dipanggil. Petugas lantas menyerahkan plat nomorku. Kali ini berbeda dari sebelumnya, plat nomor saat ini berlatar putih dengan tulisan nomor plat berwarna hitam. 

Lokasi Pendaftaran dan Pembayaran BPKB

Belum berhenti sampai disitu, aku pun lantas diarahkan petugas menuju gedung pengurusan BPKB motor. Gedung ini lokasinya berseberangan dengan lokasi pengurusan pajak kendaraan. Sesampainya di ruangan, aku lantas menyerahkan berkas di bagian pendaftran. Tidak berselang lama, namaku dipanggil oleh petugas untuk pembayaran pengurusan berkas BPKB. Kemudian di bagian pengambilan, aku diberitahu bahwa surat BPKB kendaraanku dapat diambil 2 minggu kemudian dengan menyerahkan STNK dan identitas diri. Aku pun mengangguk mengerti dan segera meninggalkan ruangan untuk melanjutkan aktivitas lainnya. 

Tidak ada komentar

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)