7 Wisata Di Bengkulu Yang Perlu Dikunjungi

Sebagai salah satu kawasan yang berada di pesisir barat Pulau Sumatera, Bengkulu rupanya memiliki berbagai tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata sejarah. Berkunjung ke beberapa tempat yang ada di Bengkulu dapat dilakukan tidak hanya sendirian, melainkan juga dapat bersama rekan dan keluarga dekat. Untuk menuju ke masing-masing lokasi, pengunjung dapat dengan mudah menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Nah, pengen tahu apa saja tempat wisatanya. Yuk, simak ulasannya berikut :

1. Pantai Panjang  

sumber : BeritaTokoh.com

Pantai Panjang menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Bengkulu. Disebut Pantai Panjang lantaran kawasannya memang panjang serta memiliki garis pantai mencapai 7 km. Letaknya di Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara dan sangat mudah dijangkau oleh kendaraan umum maupun pribadi. Bagi para pengunjung yang hendak menikmati dengan menyisir pantai dapat menggunakan sepeda ataupun otoped listrik yang dapat disewa dengan durasi waktu tertentu. Bila akhir pekan, tidak jarang orang banyak memanfaatkan pantai panjang untuk jogging atapun sekadar bermain air di pinggir pantai. Tidak hanya itu, bila menjelang sore hari, kawasan ini banyak didatangi oleh pengunjung dari berbagai kalangan untuk sekadar menikmati keindahan matahari tenggelam sembari menyeruput air kelapa muda dan jagung bakar. Tidak perlu khawatir kelaparan, karena di sepanjang kawasan, tersedia berbagai tempat makan dan minuman, mulai dari restauran, kafe hingga pedagang kecil yang menjual berbagai cemilan. Bila ke Bengkulu, jangan lupa untuk memasukkan list kunjungan ke pantai ini. 

2. Benteng Malborough

Dari pantai kita menuju ke salah satu wisata sejarah yang ada di Kota Bengkulu. Namanya adalah Benteng Malborough. Letaknya di Jalan Benteng, Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara dan berdekatan dengan kawasan Pantai Panjang. Benteng ini didirikan oleh East India Company saat kepemimpinan Gubernur Joseph Callet di tahun 1714-1719 sebagai benteng pertahanan Inggris. Jika menilik ke dalam, pengunjung akan melihat bangunan jeruji yang merupakan ex penjara bagi para tahanan. Namun saat ini, bangunan tersebut telah beralih fungsi menjadi ruang display berbagai benda peninggalan Inggris. Termasuk meriam yang hingga saat ini masih kokoh berada di area benteng tersebut. Fort Malborough ini menjadi saksi sejarah kehadiran Inggris di Bengkulu.



3. Mesjid Jamik Bung Karno

Siapa yang tidak kenal Bung Karno, sang Proklamator Republik Indonesia. Di tengah perjuangannya, rupanya Ir Soekarno sendiri pernah diasingkan ke Bengkulu. Sehingga tidak heran, akhirnya menikah dengan Fatmawati Soekarno yang juga merupakan pahlawan bangsa. Di Bengkulu sendiri Bung Karno pernah merancang Mesjid Jamik Bengkulu, saat beliau diasingkan di Bengkulu. Mesjid Jamik sendiri berdiri terletak di Kota Bengkulu serta telah ditetapkan menjadi cagar budaya. Bila berkesempatan ke Bengkulu, jangan lupa untuk menyempatkan berkunjung ke Mesjid ini ya !


sumber : kebudayaan.kemendikbud.go.id


4. Rumah Pengasingan Bung Karno

Sebagai sosok pahlawan bangsa, Bung Karno pernah diasingkan ke bumi rafflesia loh. Pengasingan beliau sendiri terjadi pada tahun 1938-1942, di rumah yang terletak di Jalan Soekarno Hatta No 8 Anggut Atas. Rumah pengasingan ini berada di pusat kota. Para pengunjung dapat langsung masuk dan merasakan nuansa kediaman Bung karno kala itu. Hingga kini, rumah pengasingan Bung Karno tidak pernah sepi dari pengunjung, loh. Serta masuk dalam daftar kunjungan bagi wisatan yang datang ke Kota Bengkulu. 

sumber : Bengkulutoday.com

Salah satu sudut di kediaman Rumah Pengasingan Bung Karno

5. Wisata Hutan Mangrove

Wisata hutan mangrove yang berada di Bengkulu perlu masuk dalam itenary perjalananmu, loh. Hal ini karena pengunjung dapat menikmati fasilitas mengintari hutan mangrove menggunakan kapal nelayan. Disisi lain, pemandangan mangrove yang di tawarkan disekitarnya dapat menjadi spot-spot menarik yang instagramable loh. Bagi kamu yang berkunjung ke sana, dapat memilih waktu di pagi ataupun menjelang sore hari, hal ini karena pemandangan di pagi dan sore hari tidak terlalu terik dan panas. Sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan nyaman. Wisata hutan mangrove terletak di Kampung Sejahtera yang dapat ditempuh sekitar 15 -20 menit dari pusat kota dengan menggunakan motor ataupun mobil. 

sumber : Tribunnews.com

Pemandangan sekitar Hutan Mangrove Kampung Sejahtera



6. Museum Bengkulu

Bagi sebagian besar orang, museum seringkali menjadi salah satu tempat wisata yang masuk dalam list kunjungan. Alasannya tentu karena dari museum ini, kita dengan mudah mengenali sejarah dan budaya dari suatu wilayah. Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai sejarah Bengkulu, maka tak ada salahnya menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Museum Bengkulu. Letaknya sendiri berada di area perkantoran yang dekat dengan pusat kota, yakni di Jalan Pembangunan No 8 Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu.

sumber : KSMTour.com

sumber : Walter Pinem


Aksara Kaganga dari Suku Rejang 


7. Konservasi Penyu Alun Utara

Nah, bila kamu termasuk orang yang peduli dengan isu lingkungan, hadir dan melihat secara langsung konservasi penyu alun utara ini layak di coba. Meski kawasan ini masuk area Bengkulu Tengah, namun dapat dijangkau dengan kendaraan sekitar 30 menit dari pusat Kota Bengkulu. Lokasinya berada di Desa Pekik Nyaring, Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah. Bila berkunjung ke sini, para pengunjung dapat melihat secara langsung penyu-penyu tersebut dirawat dalam rangka pelestarian hewan yang nyaris punah ini. Informasi terkait jenis penyu di dunia pun tersedia. Kalian juga dapat bertemu Bapak Zulkarnedi yang merupakan warga di sana dan dikenal sebagai salah pelestari penyu. Kalian dapat berdiskusi dan mencari tahu mengenai penyu secara lebih mendalam, 

Pintu Masuk Ke Kawasan Konservasi Penyu Alun Utara

Kolam Perawatan Penyu

Pak Zulkarnedi bersama para tukik (penyu)


Icon Turtle Heroes Yang Berada di Konvservasi Penyu






Tidak ada komentar

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)