Niche : Bikin Tulisan Blog Kamu Tambah Spesial


Belum genap satu tahun mulai ngeblog. Awal bulan lalu, muncul istilah mengenai niche sebagai perbincangan hangat grup Blogger Bengkulu. Beruntungnya, sebagai tindak lanjut, BOBE menyelenggarakan Kelas Blogger 7 tentang niche dengan mendatangakn 5 narasumber kece. Lantas apa sih sebenarnya niche?

Lagi mikirin niche
Niche adalah jenis blog yang dilihat dari konten yang disajikan. Nah, konten yang dimaksud adalah tulisan yang kita buat lebih dititikberatkan pada tema-tema tertentu. Nah, berikut ini ada ulasan singkat terkait niche yang merupakan ringkasan dari kegiatan Kelas Blogger 7 di Taman Wisata Mangrove Bhadrika. Para blogger yang menjadi narasumber diantaranya adalah : Azizah dengan niche Beauty, Aang Verianto dengan niche News, Relinda dengan niche Traveling, Intan dengan niche Buku dan Zefy dengan niche Food. Masing-masing blog yang mereka miliki mengulas tema-tema tertentu secara lebih spesifik. Misalnya Azizah dengan niche Beauty. Kegemarannya terhadap kosmetik membuat ia sering menulis dan mereview mengenai produk kecantikan. Seringkali membagikan tips dan tutorial tata cara make-up serta membagikan banyak tips mengenai produk kecantikan plus kuis-kuis tentang kecantikan yang bisa diikuti. Kalian bisa langsung mengecek blog nya di nurazizahkim.blogspot.com.

Sedangkan Aang yang senang dengan berita menetapkan pilihan niche news pada blog nya  www. tanjungbungo.com. Bila membaca blognya, akan kita dapati semua informasi dan berita terkait dengan Bengkulu. Ia membagi tips mengenai cara untuk bertahan dengan niche blog Informasi dan Berita,khususnya berita mengenai Bengkulu. Salah satunya ialah dengan lebih banyak mengeksplore semua daerah-daerah yang ada di Bengkulu. Baginya, niche berita tentang bengkulu memberikan manfaat untuk mengenali daerahnya sendiri. Sehingga informasi yang ada dapat dibagi kepada banyak orang yang belum tahu tentang Bengkulu.

Berbeda dengan Mbak Relinda dengan blog www.livingindadream. Kegemarannya melakukan traveling ke berbagai wilayah membuat blognya hanya berisi mengenai kisah perjalanan dan tempat baru yang menawan. Sudah banyak pengalaman tripnya yang ia tuangkan ke dalam tulisan di blognya.Baik perjalanan skala lokal, regional, nasional bahkan internasional.

Kalau blogger muda nan cuter bernama lengkap Intan Novriza Kamala atau yang biasa disapa intan, menetapkan niche book pada blognya. Cewek yang cerdas dan sekaligus seorang penyiar ini memang doyan banget dengan buku. Blog www.ketimpukbuku menjadi salah satu bentuk konsistensinya di dunia blog. Ia membagi tips dan pengalaman kepada para blogger lainnya yang sedang merambah dunia per bloggeran untuk dapat memilih niche yang memang sesuai dengan hobi, minat dan keinginan kita. Bukan sekedar ikut-ikutan niche yang sedang hits. Untuk menciptakan atmosphere dalam mencintai niche yang sudah dipilih, maka jalinlah komunikasi dengan rekan blogger lainnya yang memiliki hobi yang sama. Apalagi di era digital seperti sekarang ini. Media sosial menjadi sarana dalam menjalin interaksi dengan orang lain tanpa dibatasi jarak dan waktu. Relasi yang terjalin tujuannya untuk mengingatkan kita bahwa ada target menulis yang perlu untuk diselesaikan.


Nah, blogger terakhir yang menjadi narasumber bernama Zefy Arlinda, . Rekan-rekan Komunitas menyapanya dengan Zefy. Ia memilih niche food untuk tulisan di blognya. Ia mengaku memang doyan sekali makan dan memasak. Setiap hari kita makan, dan setiap jalan kita juga jajan. Nah, makanan dan jajanan yang dimakan itu banyak diulas dalam blog www.catatze.com. Keuntungan yang dia peroleh dari nge blognya pun berupa teman, pengalaman, uang dan lain sebagainya.

Dari cerita para narasumber tersebut, kita bisa jadi tahu bahwa banyak sekali manfaat dari nge blog, bukan. Nah, semua narasumber tersebut memberikan pesan bahwa ketika menetapkan niche pada blog, tetapkan sesuai dengan hobi, minat dan kegemaran kita. Agar tidak memberikan beban pada kita ketika menulis. Akupun baru sadar pentingnya niche dari para narasumber tersebut. Mencoba merenungi niche apa sih yang sebenarnya yang memang sesuai dengan passion kita. Bukan tidak boleh menulis apa saja, blog dibuat dengan tulisan gado-gado pun monggo saja. Hanya saja, niche akan menjadi brand tersendiri untuk seorang blogger. Begitu petuah dari Founder Komunitas BOBE (Blogger Bengkulu). Mbak Mildaini. Ibarat dokter, jadi spesialis di bidangnya kan malah lebih bagus.   Tulisan di blog pun begitu. Niche akan membuat tulisan terspesial(is)asi.





Baca juga : Komunitas Blog Itu Wajib

Berkaca dari latarbelakangku sebagai seorang pendidik. Terus terang, aku memang suka hal-hal yang berkaitan dengan buku. Dulu diawal perkuliahan, hobinya datang ke perpustakaan. Tidak hanya untuk mencari buku kadang kala perpustakaan mencari tempat pelarianku untuk melepas penat yang begitu pekat. Berasa nulis puisi nih. Hehe. Tak melulu buku akademik yang kubaca, banyak buku-buku fiksi yang kupinjam untuk dibaca. Alhasil, orang perpustakaan jadi mengenalku. Ketika ada kelas blog yang membahas niche buku, jadi teringat satu kesalahan yang kulakukan. Aku tidak pernah mereview buku yang pernah kubaca. Alhasil, buku-buku yang sudah kubaca jadi tinggal kenangan. Dari kelas blogger kemarin, aku jadi mendapatkan pelajaran bahwa tidak ada salahnya mereview buku yang pernah dibaca agar dapat dimanfaatkan oleh orang lain di masa depan. Seperti kata blogger intan.

Jadi, pengalaman teman-teman blogger dengan masing-masing niche nya memberikan pesan berharga, bahwa untuk menulis kita perlu mencari tahu dulu, passion dan minat tulisan kita itu mau diarahkan kemana. Agar banyak bahasan menarik yang bisa dibagikan ke banyak orang.


#nulisserempak
#bloggerbengkulu

2 komentar

  1. Niche life style keren jga y mbx. Heheee..

    BalasHapus
  2. boleh juga nich dterapin agar tulisan blog makin oke

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)