Batik "Negeri Serambi Mekah Aceh"


sumber : travelingyuk.com

Ketika menyebut Aceh, barangkali kita tak lupa dengan julukan wilayah tersebut sebagai Negeri Serambi Mekah. Dan lagi, kita tentu tak lupa bahwa Aceh pernah dilanda bencana tsunami Aceh pada tahun 2004 silam. Meski demikian, wilayah ini memiliki ragam budaya yang menarik untuk dilestarikan. Berkunjung ke wilayah Aceh tentu orang tak lupa berkunjung ke Mesjid Raya Baiturrahman, mesjid agung yang berdiri kokoh di pusat Kota. Aceh memang dikenal sebagai daerah yang kuat dalam memegang prinsip dan ajaran Islam. Namun siapa sangka, Aceh pun dianggap memiliki budaya batik yang hingga kini masih ada dan berkembang. Meskipun wacana tentang batik Aceh sering menuai pro da kontra Ada pihak yang mengatakan bahwa Aceh memiliki tradisi Batik, namun tidak sedikit yang berujar bahwa di Aceh tidak memiliki tradisi membatik layaknya di Jawa, melainkan hanya tradisi menggunakan batik saja. Alasannya, kata batik sendiri berasal dari bahasa Jawa yakni Amba yang artinya menulis atau titik.  Jejak sejarah lah yang kemudian mengatakan bahwa batik dibawa oleh para penduduk asli jawa yang tinggal dan menetap di Aceh.


sumber : batik-tulis.com
 Terlepas dari hal tersebut, masyarakat Aceh sendiri hingga saat ini banyak yang menggunakan batik dalam aktivitas dan kehidupannya sehari-hari. Motif dan ciri khas dari batik yang ada di Aceh saat ini jelas berbeda dengan batik di daerah Jawa. Batik Aceh cenderung berani menggunakan warna terang seperti warna pelangi (merah, kuning, hijau dan merah muda). Dari sisi motif, batik Aceh umumnya mengambil unsure alam dan budaya dengan menggunakan warna-warna cerah tadi. Hal inilah yang memberikan kesan glamor pada batik ini. Disamping itu, batik Aceh ternyata memiliki muatan yang sarat dengan falsafah hidup orang Aceh itu sendiri. Misalnya yang paling terkenal adalah  motif batik pintu, yang menunjukkan ukuran tinggi pintu, pintu yang rendah merupakan perlambang kepribadian orang Aceh yang tidak mudah terbuka untuk orang asing, namun akan menjadi baik bila sudah saling mengenal layaknya saudara kandung. Kemudian ada pula motif tolak angin yang ditandai dengan banyaknya ventilasi di rumah adat. Motif ini menjadi tanda bahwa masyarakat Aceh sendiri cenderung menerima adanya perbedaan. Selain itu ada pula motif batik bunga jeumpa-bunga kantil- yang diambil menjadi motif lantaran bentuknya yang indah, motif Gayo yang terdiri dari garis dan titik yang berada di tengah serta motif rencong yang merupakan senjata asli orang Aceh itu sendiri. 
sumber : infobatik.id
Begitu kuatnya pengaruh islam di negeri, sehingga mampu memberikan ragam corak juga pada batiknya seperti hiasan yang berbentuk, sulur, melingkar dan garis. Salah satu wilayah sentra batik di Aceh sendiri yakni di Meunasah Mayang, Aceh Besar. Beragam motif batik yang ada wilayah ini sangat perlu dilestarikan dan terus dikembangkan agar batik di Aceh tidak hilang dimakan zaman. Bila suatu saat rekan-rekan berkunjung ke Aceh, jangan lupa menyempatkan ke daerah ini ya, berbagai produk batik Aceh tentunya tersedia lengkap pula di sini  mulai dari kain batiknya, hingga pernak-pernik yang dibuat dari kain batik aceh.


15 komentar

  1. saya baru tahu lho mbak kalau Aceh itu punya batik sendiri dengan motfi dan warna yang bisa ditandai.

    Saya yang notabenenya ada darah Acehnya ga tau sama sekali.

    BalasHapus
  2. Batik Aceh keren juga yah, apalagi yang motif pintu Aceh, khas Aceh banget, mahal gak yah harganya mbak?

    BalasHapus
  3. Batik harus dilestarikan ni.. Karna Mnjd kekayaaan negara kta.

    BalasHapus
  4. Indonesia memang kaya. Motif batiknya aja di setiap daerah beda-beda tapi cantikkkk

    BalasHapus
  5. Uwah ciri khas batiknya beda dengan yang di Bengkulu ya mbak

    BalasHapus
  6. Aku suka batik aceh karena pemilihan warnanya berani :D

    BalasHapus
  7. Ternyata aceh punya batik juga ya. Been tuk motifnya khas aceh banget

    BalasHapus
  8. Aku juga ga ngeh batik Aceh itu kayak apa

    BalasHapus
  9. Kapan ada kesempatan maulah ajak kelaurga main ke aceh

    BalasHapus
  10. Bagus juga ya motif kain batik aceh ini. Itu tulis apa print. Ga identik apa pisau itu yaaah, hehehe

    BalasHapus
  11. Batiknya cantik ya Mba Ika. Kagum bener Intan tu sama Indonesia, dari Sabang sampe Merauke punya jenis kain yg beda-beda, batik yang beraneka rupa :)

    BalasHapus
  12. Batik Aceh ternyata cantik juga ya mba. Jadi kepengen punya euyy

    BalasHapus
  13. Batik emang kebudayaan yang mengindonesia banget ya kak

    BalasHapus
  14. Dulu atasan saya sering ke Aceh mba, kalau pulang saya selalu diberi oleh-oleh khas Aceh, pernah juga dikasih tas yang coraknya khas batik Aceh, warnanya maron gitu, suka banget deh :)

    BAtik emang cenderung ke Jawa ya mba, padahal hampir tiap daerah punya batik khas masing2

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)