5 Makanan Indonesia Yang Jadi Favorit (ku)



Sebagai negara kepulauan, Indonesia adalah negara yang begitu kaya akan suku bangsa, bahasa, rasa dan budaya. Keragaman tersebut membawa Indonesia dikenal sebagai negara yang multikultur yang menawan. Konsekuensi dari keragaman tersebut telah membawa Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan. Mulai dari tradisi hingga masakan yang bervariasi. Sebagai negara penghasil rempah-rempah di dunia, Indonesia telah dikenal memiliki  ragam kuliner yang dengan cita rasa yang lezat. Kuliner tersebut tak jarang diwariskan sejak turun temurun dari nenek moyang. Coba deh, search di mesin pencarian google, kalian akan banyak menemukan puluhan jenis masakan nusantara yang ciamik dan bakal nikmat kalau dirasa. Berikut ini merupakan ulasan dari beberapa jenis makanan nusantara yang jadi favorit(ku).   

SATE
sumber : selerasa.com
Duh, siapa sih ga tahu masakan yang satu ini. Sate merupakan makanan khas  yang berasal dari daging ayam maupun sapi yang cara penyajiannya dengan ditusuk dan disusun memajang. Cara memasaknya pun dengan cara dibakar dan dikipasi. Beberapa wilayah di Indonesia memang memiliki jenis sate yang punya ciri khas masing-masing. Ciri khas tersebut ditandai dengan jenis bumbu yang digunakan hingga teknik penyajiannya. Bumbu yang digunakan bisa berupa bumbu kacang maupun kecap. Selain Madura, ada juga Lombok yang terkenal dengan sate rembiganya, ada juga sate ponorogo dan masih banyak lainnya. Bila berkunjung ke wilayah yang terkenal dengan masakan sate nya yang khas. Jangan lupa untuk mampir, ya !

NASI PADANG
sumber : food.detik.com
Mulai dari anak kecil hingga orang tua. Mulai dari orang Indonesia hingga bule luargeri, rasanya semua mengenal nasi padang. Tak heran, ada bule yang akhirnya menciptakan lagu nasi padang karena sukanya sama masakan yang satu ini. Nasi padang merupakan masakah khas dari sumatera barat. Masakan ini bisa dibilang masakan nasional yang sudah dipastikan ada di setiap wilayah yang ada di Indonesia. Menurutku, terkadang nasi padang menjadi alternatif ketika berpergian dan agak sulit memilih warung makan. Maka biasanya kita akan memilih masakan padang untuk makan. Jadi kebayang sama rendang dan juga dendeng batokok pedas. Gak salah deh, kalau nasi padang ini jadi masakan favorit lintas agama, lintas suku dan budaya.

SOTO
sumber : doyanresep.com
Mak…byarrr. Hangat-hangat sedap. Itu jadi salah satu gambaran dari masakan nusantara yang satu ini. Soto merupakan jenis masakan berkuah yang khas dengan banyak penggemar. Racikan dari soto sendiri berupa ayam, daging dan sayuran seperti seledri, kol dan juga tauge. Disetiap daerah memiliki jenis soto yang dengan ciri khas yang beragam. Solo terkenal dengan soto ayam segernya, betawi punya soto betawi yang khas dengan kuah santannya, ada pula lamongan yang terkedanl dengan soto lamongannya. Menikmati soto dipadu dengan percikan jeruk nipis dan es the manis, bikin bener kangen dengan soto langganan.

PEMPEK
sumber : pergikuliner.com
Nah, salah satu makanan favorit yang bikin kesengsem lainnya adalah pempek. Makanan ini berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Makanan ini berasal dari adonan ikan dengan beragam sebutan. Ada pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek kulit ikan dan lain sebagainya. Bisa dibilang, pempek ini adalah makanan yang udah menasional. Hampir di setiap daerah, ada aja yang jual pempek. Mulai dari harga murah hingga cukup merogoh kocek. Menikmati pempek akan jadi lengkap dengan kuah bercukonya yang pedas-pedas mantap.

NASI GORENG
sumber : merdeka.com
Ini adalah sekian menu masakan nusantara yang sudah pasti banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Nasi goreng sendiri juga banyak jenisnya, mulai dari nasi goreng mawut, hingga nasi goring seafood. Nasi goreng bisa dibilang makanan lintas waktu. Bisa dimakan pagi hari buat sarapan, dan gak jarang juga orang pada jual nasi goreng untuk menjadi teman di malam hari.

OPOR AYAM
sumber : selerasa.com
Kalau bilang opor ayam, maka orang cenderung akan ingat lebaran. Memang sih, opor tidak lepas dari moment bernama lebaran. Masakan dari ayam yang bekuah santan kuning ini memang banyak digemari dan dimasak pada saat idul fitri. Biar tambah lengkap,  opor ayam paling nikmat disantap dengan lontong dan ketupat.

Nah, itu adalah beberapa masakan favoritku. Nah, apa masakan nusantara favoritmu ?

Tidak ada komentar

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)