Yuk, Simak 5 Film India Favorit (ku) !



Kalau ditanya siapa yang suka nonton. Maka aku akan mengangkat tangan. Karena menurutku aktivitas menonton merupakan kegiatan yang menyenangkan dan mampu memberikan energi serta upaya merefreshkan diri. Terlebih karena rutinitas yang cukup padat, sehingga waktu menonton menjadi momentum rehat sejenak untuk memberikan nyawa baru bagi otak. Menonton film terkadang kulakukan bersama beberapa rekan. Namun, pernah juga aku menonton sendirian. Ketika memang ngebet dengan filmnya dan rekan-rekanku tak memiliki waktu yang cocok untuk menonton bersama. Ngomong-ngomong soal film, kalian pada suka genre film apa sih? Drama, horror, komedi atau action? Mungkin selera masing-masing dari kita berbeda. Kalau aku pribadi, aku memang lebih suka film dengan genre drama komedi, romantis dan action. Tulisanku kali ini, aku ingin sedikit berbagi cerita mengenai film Bollywood yang sudah kutonton (bahkan lebih dari satu kali) dan memiliki kesan yang cukup mendalam. Nah, kenapa mesti film Bollywood? Gak film korea atau drama Indonesia. 

Untuk drama korea sendiri, aku memang bukan penikmat drama-drama korea. Meskipun sempat beberapa kali mengikuti sebuah drama. Secara garis berar, drama korea menurutku kreatif dan inovatif. Alur ceritanya sistematis dan menariknya, bisa membuat para penikmatnya penasaran untuk melanjutkan ke episode berikutnya. Nah, sedangkan kenapa ga drama Indonesia yang diceritakan. Insyallah di kesempatan lainnya. Disamping itu, karena banyak juga film Indonesia yang sudah bagus dan cukup melegenda. Industri film India memang cukup diperhitungkan di kancang internasional. Film-film India memiliki banyak penggemar yang tersebar di seluruh dunia. Barangkali disamping karena alur ceritanya yang apik, tarian dan nyanyian jadi selingan yang cukup menghibur. Nah, berikut adalah 5 film Bollywood yang pernah aku tonton dan cukup memberikan kesan bagiku.

KUCH KUCH HOTA HAI
sumber : kumparan.com
Aku yakin film ini punya banyak penggemar yang menyebar di berbagai belahan dunia. Aku ingat saat kali pertama menonton aku masuk SMP. Sebagai generasi X, film india cukup familiar disajikan di televis. Ingat ga drama india dengan tokoh bernama inspektur vijay. Tokoh polisi yang selalu hadir disetiap akhir kisah cerita. Ia akan menangkap penjahat yang diserang oleh superhero. Aku jadi geli kalau keingat masa itu. Nah, awal mula menonton, saat itu aku diajak oleh saudaraku Jadilah kami menonton bersama. Kebetulan saudaraku ini sudah mahasiswa. Jadi aku setiap adegan yang kutanya, selalu ia jawab dan jelaskan dengan sabar. Hingga gak terasa, air mataku tumpah ketika cerita mendekati klimaks. Gak bisa dipungkiri kalau drama ini bikin perasaan penonton menjadi campur aduk. Suka, duka bahagia bercampur jadi satu. Kisah cinta segitiga antara Tina, Rahul dan Anjali benar-benar berliku. Jujur saja, Rani Mukherjee, Sahrukh khan dan kajol membawa nyawa dari peran yang mereka mainkan masing-masing. Banyak pesan yang bisa diambil dari film ini, mulai dari pengorbanan, jodoh, cinta, persahabatan dan juga ketulusan.

MOHABBATEIN
sumber : kapanlagi.com
Siapa yang masih film Mohabbatein. Film yang menceritakan tentang kisah percintaan yang begitu tulus dari seorang pemuda biasa. Kendala restu masih menjadi salah satu bagian cerita dari film ini. Disamping kisah cinta yang berliku yang harus diperjuangkan dari tiap tokoh yang ada.  Saah satu hal yang menarik dari film ini adalah scene tarian dan nyanyian yang  cukup menghibur. Kita tahu, bahwa film india memang sangat terkenal dengan adegan tarian dan nyanyiannya yang lain menariknya film India salah satunya berasal dari tarian dan nyanyian yang pasti selalu ada di setiap film. Nah, scene yang berisi tarian dan lagu dari film ini begitu memikat  bahkan sudah dibuat parodinya versi Indonesianya oleh beberapa youtuber tanah air yang konsen dengan niche tarian dan nyanyian india. Hasilnya pun menurutku menarik. Kita seolah dibawa untuk mengenang tiap bagiannya.

KABHI KUSHI KABI GHAM
sumber : jateng.tribunnews.com
Kisah dari film ini memang masih seputar soal status, keluarga dan cinta. Berawal dari perbedaan status sosial antara Rahul yang diperankan Sahrukhan dan Anjali yang diperankan oleh Kajol tidak direstui dan akhirnya terpisah dari kedua orang tuanya. Rohan, sang adik yang diperankan oleh actor Hritik Roshan berusaha untuk mengembalikan senyum ibunya akibat menahan rindu untuk bertemu dengan sang kakak (Si Rahul).  Hingga akhirnya perasaan ego sang Ayah (yang diperankan oleh Amitabachan) pun luluh. Ia bisa menerima  Aku sendiri sudah lebih dari 2 kali nonton film ini. Gak tahu kenapa ya, setiap nonton air mataku mengalir. Begitu cerdasnya para pemain dalam menghayati perannya. Hingga sekalipun diputar ulang, kita tetap akan larut dalam suasana. Gak salah kalau mereka kita acungi jempol soal aktingnya.

3 IDOOTS
sumber : imdb.com
Menurutku film ini termasuk yang membawa angin segar yang bisa menggeser paradigma dunia pendidikan. Seorang guru tidak bisa memberikan judgement pada muridnya. Tidak ada murid yang bodoh, yang ada hanyalah yang malas.  Prinsip yang harus dipegang adalah bahwa kecerdasan itu sifatnya beragam. Antara satu murid dengan murid lainnya tidak bisa disamakan satu dengan yang lainnya. Tingkah kocak para pemainnya seolah membawa kita bernostalgia akan kehidupan sekolah dulu. Film 3 Idiots ini menurutku cukup memberikan banyak pelajaran. Menjadi seorang guru bukanlah pilihan mudah. Justru ia harus menjadi pribadi yang harus senantiasa belajar, bahkan dari muridnya sekalipun.  

PK
sumber : imdb.com
Judul film ini memang terbilang singkat, PK. Lagi-lagi Amir khan  memberikan warna dari film ini ketika beradu akting dengan anushka sharma. Jalan cerita dari film ini memang cukup unik serta tak luput dari banyak kontroversi. Namun, secara pribadi, ada banyak hal yang justru bisa di elajari. Istilahnya, aspek sosiologis cukup banyak di film ini. Heheh. Bahkan sebenarnya film ini mencoba mengkaji agama dari sudut pandang lain. Simbol menjadi bagian yang tidak lepas dari film ini. Bagaimana di tiap agama, sebuah object bisa saja dimaknai berbeda oleh setiap individu. Aku cukup yakin bahwa film ini pada dasarnya memiliki misi, setidaknya memberikan gambaran mengenai kondisi multikulturalisme dan agama yang ada pada masyarakat kita. Nah, itu tadi beberapa ulasan singkat mengenai film-film yang sudah pernah aku tonton lebih dari satu kali dan cukup memberikan kesan pada diri. Aku yakin, kalian tentu juga memiliki film-film yang memberikan kesan untuk diri kalian. So, semoga dari film-film yang pernah ditonton,ada hal baik yang bisa kita petik. Sehingga bisa menjadi pengetahuan dan bermanfaat untuk diri kita pribadi. Setuju ga gaes?!



Tidak ada komentar

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)