New Rivermoon, Klaten : Wisata Alternatif Yang Bisa Jadi Pilihan

Pemandangan salah satu sudut New Rivermoon

Saat ini, wisata menjadi sebuah kebutuhan yang diperlukan banyak orang. Ada berbagai tempat wisata alternatif yang dapat dikunjungi untuk rehat sejenak sembari melepaskan diri dari kejenuhan aktivitas yang padat. Salah satunya ialahke  wisata New Rivermoon yang beralamat di Kali, Pusur, Karanglo, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Wisata yang ditawarkan dapat diakses oleh berbagai kalangan, mulai dari wisata air tubing, tempat bermain anak dengan arena outbond yang luas serta meetingroom dengan konsep outdoor

Lokasi tempat tinggalku kebetulan tidak terlalu jauh, kami menggunakan mobil pribadi dengan waktu tempuh sekitar 30 menit menuju ke New Rivermoon. Untuk menuju ke sana, para pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi berupa motor ataupun mobil serta bus karena lokasinya memang sedikit masuk  dari jalan raya utama Solo-Yogya. Para pengunjung dapat membawa keluarga maupun maupun rombongan. Selama perjalanan, kita masih dapat melihat area persawahaan layaknya di kawasan pedesaan. Meskipun lokasinya masuk dari jalur utama Solo-Jogya, rupanya tidak menyurutkan semangat pengunjung untuk menikmati wisata di lokasi tersebut. Hal ini terbukti saat aku dan keluarga telah sampai, sudah berjejer mobil dan bus yang terparkir rapi di lokasi. Kebetulan saat itu, aku berkunjung di tanggal merah yakni 1 Juni 2024. Sehingga memang pengunjung sangat ramai dan padat. 


 

Area Parkir Lokasi Wisata New Rivermoon

Area parkirnya cukup luas, serta ketika masuk ke lokasi, pengunjung akan ditawarkan pemandangan joglo dan hamparan sepetak sawah untuk sekadar mencuci mata. Selanjutnya, pengunjung dapat menuju ke gazebo ataupun spot tempat makan yang tersedia. Pengunjung pun dapat memilih langsung menuju ke lokasi pendaftaran wisata tubing fun. Aliran sungainya cukup deras dan tidak begitu ekstreem, sehingga anakku yang berusia 6 tahun pun dapat ikut serta mengikuti wisata tubing. Karena hari itu cukup padat, kami pun akhirnya mendapatkan jadwal untuk wisata tubing pada pukul 12.30. Seingatku harga tiket yang ditawarkan relatif terjangkau, serta ada beberapa pilihan yang ditawarkan ke pengunjung, misalnya hanya mengikuti wisata tubing dengan jarak 500 m atau 2 Km. 




Kebetulan saat itu, aku, anakku, bude dan 2 adikku sudah membeli tiket dan bersiap untuk mengikuti wisata tubing pada waktu yang telah dijadwalkan. Rentang waktu  kami menunggu ialah sekitar 2 jam, sehingga kami memanfaatkan waktu untuk memesan makanan serta duduk santai di gazebo dan saung yang tersedia. Berbagai makanan dapat dipesan dengan rasa yang cukup nikmat. Saat itu, kami sekeluarga memesan ikan bakar, ayam bakar, serta sayuran capcay plus minuman es teh. Setelah makan, tidak lupa pula untuk mengelilingi arena new rivermoon bersama anak dan keponakanku yang masih berusia 3 tahun. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap mulai dari toilet yang bersih, kantin, tempat ganti baju setelah tubing serta musola. Pengunjung juga dapat menikmati kolam ikan serta berjalan menyusuri tempat wisata tersebut dengan santai.




Kebetulan saat itu, banyak keluarga dan rombongan yang juga menyelenggarakan acara di tempat tersebut. Tidak tanggung tanggung, saat melakukan tubing, ada rombongan wisatawan dari Kudus yang juga hadir. Setelah menunggu serta aktivitas seperti sholat sudah dilakukan, maka kami bersiap menuju ke lokasi tubing. Kami diberikan pengarahan oleh guide yang ada di lokasi, lalu satu persatu para pengunjung diminta memasangkan alat pengaman seperti jas pelampung, helm dan juga sepatu. Tak lupa pula, kami dipilihkan ban pelampung yang sesuai dengan ukuran tubuh para pengunjung. 


Selanjutnya, kami diminta menyusuri jalan sekitar 200 meter yang menjadi titik mulai tubing air. Satu persatu dari kami pun digiring dan dibantu oleh para guide agar dapat masuk dan  mengikuti aliran air sungai. Aku bersama anakku pun masuk ke sungai secara perlahan, tak lupa agar aman, aku memegang tali kendali yang berada di sisi ban pelampung. Sehingga anakku tetap aman. Beberapa teriakan dan keseruan dari para pengunjung mulai terdengar. Riuh dengan tawa serta barangkali bercampur dengan rasa deg-degan. Kalau-kalau bertemu dengan aliran deras yang terasa menantang. Kamipun terbawa aliran sungai hingga tak terasa sudah 2 km jarak yang kami tempuh. Setelah selesai di garis finish, para pengunjung diminta untuk mengumpulkan ban pelampung yang telah digunakan di area yang telah ditentukan. Kami diminta untuk menunggu mobil jemputan yang akan membawa kami menuju kembali ke lokasi semula. Sekitar 15 menit mobil bak terbuka pun sampai. Para pengunjung diminta untuk naik ke mobil secara bergantian.  Kami pun berdiri sembari melihat pemandangan sekitar. Tak terasa sekitar 10 menit, mobil yang kami tumpangi sampai di lokasi. Para pengunjung langsung kembali menuju lokasi awal untuk mengembalikan peralatan seperti helm, pelampung dan sepatu. Termasuk juga kami. Setelah itu, satu persatu dari kami pun bilas dan membersihkan badan di tempat yang telah tersedia. Setelah semuanya selesai, kami sekeluargapun menuju area parkir untuk pulang. Bagiku liburan kali ini terasa berkesan ketika berkunjung ke New Rivermoon.

Tidak ada komentar

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)