Yuk, Salurkan Hak Suara Kita Pada Pemilu 27 Juni 2018 di Kota Bengkulu !

sumber : tribunnews.com
Pemilu merupakan salah satu wujud eksistensi dari negara yang menganut sistem demokrasi. Kedaulatan dan partisipasi rakyat menjadi aspek yang dijunjung tinggi. Tujuannya untuk memilih pemimpin yang diharapkan mampu menyalurkan aspirasi dan suara rakyat  guna menciptakan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, responsif dan efektif (effective goverment), serta mampu mengembangkan civil society dalam masyarakat itu sendiri.
Secara legalitas hukum, pemilu telah diatur dalam Undang-undang Dasar 1945 serta berbagai peraturan lainnya yang terkait dan telah disahkan. Dalam UUD 1945 Pasal 18 ayat 3 telah dinyatakan bahwa “Pemerintahan daerah provinsi, daerah kabupaten,dan kota memiliki dewan perwakilan rakyat daerah yang anggota anggotanya dipilih melalui pemilihan umum.”
Aturannya lainnya mengenai pemilu diatur juga dalam Undang Undang Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Agar pesta demokrasi ini dapat berlangsung lancar maka pemilu memiliki asas yang perlu dilaksanakan oleh seluruh komponen masyarakat. Asas tersebut ialah Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil serta disingkat menjadi LUBER JURDIL.

Langsung, dapat diartikan bahwa pemilih dapat menyalurkan hak suaranya tanpa perantara atau diwakilkan pada saat pemungutan suara.

Umum, berarti pemilih merupakan warga negara yang telah memenuhi syarat dan ketentuan dalam memilih. Yakni telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan telah berusia 17 tahun. Umum yang dimaksud juga dapat diartikan menyeluruh untuk seluruh warga masyarakat tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan dan lain sebagainya.

Bebas, yang dimaksudkan disini ialah pemilih memiliki hak suara untuk memilih secara bebas para wakil rakyat dan pemimpinnya yang dirasa mampu mewakili kepentingan rakyat. Tanpa paksaan maupun tekanan  dari pihak manapun.

Rahasia, berarti hak suara dari para pemilih dijamin kerahasiaannya. Terkecuali pemilih tersebut mengungkapkan secara langsung pilihannya kepada orang lain.

Jujur, merupakan asas yang menjadi dasar dalam penyelenggaran pemilu dari awal hingga akhir. Serta menyasar kepada seluruh komponen yang terlibat dalam penyelenggaran pemilu. Apapun yang dilakukan harus sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang ada.

Adil,menjadi prinsip yang diartikan bahwa para pemilih mendapatkan perlakuan yang sama ketika menyalurkan hak suara pada saat pemungutan suara.
        
       Nah, sebagai salah satu bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menganut sistem demokrasi, Kota Bengkulu akan menyelenggarakan pemilu pada Rabu, 27 Juni 2018. Pada pesta demokrasi kali ini, Kota dengan slogan SEMARAK (Sejuk, Meriah, Aman, Rapi dan Kenangan) ini memiliki 4 pasangan calon walikota dan wakil walikota Bengkulu yang akan maju pada pemilu mendatang. 

Dokumentasi Pribadi, 2018
      Penetapan Nomor Urut dari masing-masing pasangan pun telah dilakukan oleh KPU kota Bengkulu. Tiga pasangan calon walikota dan walikota yang maju diusung oleh partai politik. Sedangkan satu pasangan maju melalui jalur independent atau perseorangan. Nah, dalam memilih nantinya, diharapkan kita tidak sekadar memilih berdasarkan pencitraan semata. Namun, kita perlu tahu visi dan misi apa yang akan diemban oleh mereka  bila nantinya terpilih. Karena seorang pemimpin yang baik ialah yang dapat bertanggungjawab atas ucapan dan tindakannya.

Nomor Urut 1 Pasangan David Suardi Dan Bakhsir

Sumber : bengkulutoday.com
Keduanya merupakan pasangan yang maju melalui jalur perseorangan atau independent.Nah, pasangan ini   mengusung Visi : “Bengkulu Maju, Rakyat Sejahtera”
Terwujudnya Revitalisasi, Inovasi dan Akselerasi Pembangunan Kota Bengkulu Melalui Pemberdayaan Masyarakat menuju Kota Bengkulu yang Sejahtera, Maju, Mandiri dan Berkeadilan.Nah, visi tersebut dijabarkan melalui 26 misi yang dapat rekan-rekan baca berikut ini.  


Nomor Urut 2 Erna Sari Dewi Dan Ahmad Zarkasi
sumber : bengkulusatu.co.id
Erna Sari Dewi dan Ahmad Zarkasi diusung oleh Partai Nasdem dan PKS. Visi misi dari pasangan ini adalah “Kota Bengkulu Maju, Sejahtera dan Bermartabat” yang kemudian dijabarkan melalui 4 misi utama.


Selanjutnya,

Nomor Urut 3 Helmi Hasan dan Deddy Wahyudi
 
sumber : rmolbengkulu.com
Ada 3 partai politik yang mengusung keduanya, yakni : Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional dan Partai Demokrat. Visi dari pasangan ini ialah “Kota Bengkulu yang bahagia dan Religius, APBD untuk rakyat". Visi tersebut dijabarkan melalui 4 misi utam.


Nomor  Urut 4 adalah Patriana Sosialinda dan Mirza
sumber : intersisinews.com
Pasangan ini maju dan diusung oleh Partai Golkar, Hanura dan PDI Perjuangan. Mewujudkan Kota Bengkulu Makmur 2023 merupakan bunyi dari visi yang menjadi prinsip pada kampenye mereka. Visi tersebut dijabarkan ke dalam 7 misi utama.


Sumber : Stiker tanda Telah dilakukannya Pendaatan DPT

      Nah, bila kita berdomisili di Kota Bengkulu, pastikan bahwa pada pemilu kali ini, kita dapat menyalurkan hak suara. Pastikan namamu sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). Apabila belum terdaftar, kita dapat segera mengunjungi kantor KPU kabupaten/kota atau sekretariat PPS di kantor kelurahan/desa sesuai alamat di KTP-el/Suket.


sumber : www.google.com
      Sudah tidak ada lagi istilah golput. Gunakan hak suara secara benar dan jujur. Jangan melakukan kampanye hitam (black campaign) serta menyebarkan berita hoax.Apalagi ada Money Politics. Pastinya ada sanksi yang akan diberikan.

      Pilihlah pemimpin yang benar, amanah, jujus dan dapat menjadi keterwakilan kita secara politik di pemerintahan. Pegang prinisip Right Man, In the Right Place. Pemilihan umum kali ini menjadi ajang penting dalam menentukan pemimpin di Kota Bengkulu dalam rentang waktu 5 tahun ke depan (2018-2023). Guna menciptakan Kota Bengkulu yang maju di masa mendatang. Kalau bukan kita, lantas siapa lagi yang peduli ?

Informasi Lengkap : http://kpu-bengkulukota.go.id/

4 komentar

  1. semoga zefy sudah bisa ikutan nyoblos ntar, soalnya belum genap 40 hari lahiran mbak, takutnya ga boleh keluar lagi

    BalasHapus
  2. Calon nya bagus semua ya, mbk. Jadi bingung pilih yang mana. Mungkin saya perlu sholat istikharah.

    BalasHapus
  3. Sayang kami nggak bsa milih ya mbx. Ktp nya beda. Hee.. Yok milihhh..

    BalasHapus
  4. Yayyy sukses Pilkada di Bengkulu. Semoga aman, lancar sejahteraa :)

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)