Aplikasi Di Smartphone Yang Setia Menemani

sumber : pixabay.com
Selama dua dasawarsa terakhir, perkembangan teknologi begitu pesat. Dunia seolah tanpa batas sejak kehadiran internet. Batas geografis tak jadi persoalan untuk kita mengakses berbagai informasi yang ada di berbagai belahan dunia. Perkembangan teknologi pun membawa konsekuensi pada banyaknya kemunculan perangkat dan  peralatan canggih yang telah memudahkan manusia dalam beraktivitas. Contoh yang paling sederhan adalah ponsel. Masih terngiang di ingatanku, sekitar tahun 2003, aku sudah mengenal perangkat bernama Handphone melalui teman. Saat itu, aku masih duduk di bangku SMP (Sekolah Menengah Pertama). Handphone saat itu merupakan barang mewah (heheh). Hanya 1-2 orang diantara teman sekelas yang memiliki handphone kala itu. Bentuknya masih tebal dengan tombol angka dan huruf yang begitu menonjol di permukaan, layarnya masih kuning, nada sambungnya masih polyphonic


Sumber : pusatgratis.com

Namun, perkembangan di bidang teknologi ini begitu pesat. Tidak sampai 20 tahun, handphone telah mengalami fase perkembangan yang begitu signifikan. Barangkali belum terbayang kala itu, bahwa handphone sudah beralih menjadi kebutuhan primer saat ini. Bentuknya pun sudah begitu canggih. Layar yang begitu bewarna, bentuknya semakin slim, dengan akses yang tinggal sentuh (touchscreen), multifungsi-tidak hanya untuk komunikasi, tetapi juga dapat digunakan untuk menambah fitur lain yang diperlukan oleh pengguna. Untuk orang yang hidup di zaman millenial saat ini, smartphone sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang dapat diisi oleh beragam fitur melalui proses install yang diperlukan oleh para pengguna. Tak terkecuali bagiku, tidak hanya sebagai alat komunikasi. Smartphoneku saat ini sudah diisi dengan beberapa aplikasi dan fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, dari beberapa fitur aplikasi di smartphoneku. Ada 5 yang memang menjadi aplikasi terbaik-lantaran seringkali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Pertama adalah Whatsapp

sumber : pixabay.com
Adalah Jan Koum dan dan Brian Acton merupakan orang yang membangun aplikasi paling populer saat ini. Aplikasi whatsapp tepat didirikan pada tahun 2009 dan merupakan aplikasi layanan komunikasi yang menggeser keberadaan SMS (Short Message Service). Sudah tidak diragukan lagi, aplikasi yang satu ini memang begitu besar manfaatnya dalam komunikasi kita sehari-hari. Kita bisa mengirim pesan singkat maupun panjang lebar dengan leluasa. Tidak perlu takut kena tarif mahal. Penggunaannya menggunakan layanan internet. Jadi hanya perlu mengisi kuota. Terus terang, hampir setiap hari aku menggunakan aplikasi ini. Komunikasi antarpersonal, maupun menerima dan membaca berbagai pesan dari grup yang diikuti. Bisa dibilang, setiap hari banjir informasi.

Kedua adalah Twitter
sumber : iconfinder.com
Twitter merupakan salah satu media sosial yang banyak dipergunakan oleh para netizen. Penggunanya dapat menyampaikan berbagai curhatan, keluhan, saran dan kritikan yang disebut dengan kicauan.Penggunanya bisa mengirim pesan dan membaca chat hingga 280 karakter. Terus terang, untuk soal berbagai informasi, menyampaikan keluhan, menyampaikan quotes, aku lebih senang menggunakan twitter. Bahkan kita bisa membuat trending topic suatu tema dengan menggunakan mikroblog ini.

Ketiga Internet Bangking

Bagiku keberadaan internet banking begitu sangat membantuku dalam beraktivitas. Khususnya bila hendak melakukan aktivitas transfer yang dapat dilakukan dimanapun kapanpun. Kita tidak perlu kesulitan ke ATM. Disamping itu, melalui internet banking, akupun seringkali melakukan pengisian pulsa secara cepat. Apalagi ketika kita butuh pulsa untuk nelpon dan disaat-saat genting dan ternyata , pulsa telepon habis. Aplikasi internet banking bisa menjadi solusi.

Keempat adalah Canva
sumber : executivesecretary.com
Aku baru tahu aplikasi ini setelah berkumpul dengan teman-teman sesama blogger. Dulu, sempat bertanya, kok bisa ya buat poster dalam waktu singkat. Kok bisa, fotonya ada bingkainya, kok bisa tulisannya berlatarbelakang pantai, dan pertanyaan kok bisa...kok bisa lainnya. Namun, salah seorang teman menyampaikan salah satu aplikasi yang juga sering ia gunakan. Yakni Canva. Seiring berjalannya waktu, rupanya aplikasi ini pun seringkali kugunakan untuk membuat poster ucapan, poster kegiatan dan lain-lain. Templates yang disajikan dari aplikasi ini begitu banyak dan menarik. Beberapa memang ada yang berbayar, namun tidak sedikit pula yang berbayar. Tergantung selera kita. Nah, berikut adalah salah satu poster yang aku buat dengan cukup singkat menggunakan aplikasi canva. Aku ingat saat itu kedatangan tamu yakni Pak Gola Gong Sekeluarga. Dimana, Forum Lingkar Pena, hendak membuat diskusi kecil dengan beliau. Alhasil. Jadilah poster sederhana ini dibuat dan disebarkan.

Poster yang dibuat dengan Menggunakan CANVA
Kelima adalah Google Chrome
sumber : pixabay.com
siapa sih di jagad dunia maya yang tidak kenal dengan aplikasi google chrome. Situs pencarian yang begitu populer di kalangan netizen. Untuk mencari beragam informasi, berita, semuanya sering menggunakan aplikasi ini. Ketika ada hal yang ingin kuketahui, aku pun tak segan langsung mengklik aplikasi ini untuk mencari tahu informasi yang kuinginkan.

 Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tantangan nulisserempak Bloggerbengkulu

5 komentar

  1. Iya mbak, sama. kayaknya aplikasi yang bercokol di smartphoneku juga sama deh, WA no 1, bunyi terus, ada saja pesan yang dikirim teman lewat aplikasi chat satu ini

    BalasHapus
  2. Dari kelima aplikasi tersebut memang kebanyakan pengguna ponsel sudah memiliki nya ya mbak. Aplikasi tersebut juga seperti kebutuhan yang biasanya pasti dipake sehari hari

    BalasHapus
  3. Canva, andalan banget para blogger nih. Hehee

    BalasHapus
  4. kalau saya sudah pasti whatsapp hehe

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)