Handphone(ku) Dari Waktu Ke Waktu

Bisnis, Komputer, Mobile, Smartphone
sumber : pixabay.com

Handphone merupakan satu dari sekian banyak sarana komunikas yang saat ini telah menjadi barang primer untuk dimiliki. Masih jelas sekali di benakku, awal ketika aku memiliki handphone itu. Saat itu aku masih duduk di bangku kelas 1 SMA pada tahun 2004. Untuk ukuran SMA di kala itu, aku termasuk orang yang akhir memiliki handphone, bila di banding dengan teman-teman lain. Hahaha. Membeli handphone termasuk terpaksa karena seringkali ditanya, no hape mu berapa, ka? oleh teman-teman sekelas. Seringkali aku menggeleng dan mengatakan tidak punya. Namun, karena saat itu aku bergabung di organisasi yang seringkali bertukar informasi. Maka, mau tidak mau, akhirnya aku membeli handphone. Setelah melakukan negosiasi ke ortu. Dengan cara menabung dan hasil subsidi Ibu, akhirnya aku punya handphone. Nah, seperti apa handphone yang aku miliki di awal hingga saat ini. Yuk, baca lengkap perubahan handphoneku dari waktu ke waktu.
Awal kali pertama merek handphone yang kupunya adalah Nokia. Perlu kalian ketahui, NOKIA saat itu merupakan produsen Handphone yang terkemuka loh. Seingatku dulu seri awal yang kumiliki adalah NOKIA 2300. Hape dengan bentuk layar yang masih hitam putih serta nada dering yang masih polyponic
Hasil gambar untuk nokia 2300
NOKIA 2300
Sumber : makemyorders.com
Masa kepemilikan Handphone ini termasuk cukup lama loh, hingga sekitar kurang lebih 4 tahun. Hingga akhirnya aku harus berganti handphone di merek yang sama dengan seri berbeda, yakni NOKIA 3110. Nah, handphone ku kali ini sudah lebih canggih dari sebelumnya. Layarnya sudah bewarna dan nada deringnya pun sudah bisa berupa mp3.  Serta sudah memiliki kamera. Masa kepemilikanku pada hape ini cukup singkat, yakni sekitar 6 bulan saja. Hal ini lantaran handphone ini sering sekali hang dan sudah beberapa kali masuk ke service center
Hasil gambar untuk nokia 3110
NOKIA 3110
Sumber : olx.co.id

Hingga kemudian aku memutuskan untuk memilih NOKIA 3120 sebagai penggantinya. Saat membeli pun aku termasuk selektif. Tidak ingin terulang dengan sebelumnya, banyak hal yang aku tanyakan kepada pihak toko terkait spesifikasi handphone. Nah, jodohku dengan NOKIA 3120 ini berlangsung cukup lama. Sekitar 4 tahunan. 
Hasil gambar untuk nokia 3120
NOKIA 3120
Sumber : clickbd.com
Hingga akhirnya, NOKIA 3120 ku ini dinyatakan rusak dan untuk mengganti sparepartnya saja susah. Maka akhirnya aku memutuskan untuk membeli OPPO. Saat itu, perkembangan handphone begitu pesatnya. Trend smartphone sudah menjadi sebuah keniscayaan. Hingga kemudian aku memutuskan memilih OPPO Joy. 

Hasil gambar untuk oppo joy
OPPO JOY
Sumber : gadgets.ndtv.com

Pertimbangan harga dan fungsi tetap menjadi prioritas. Saat itu, OPPO merupakan produsen yang cukup gencar dalam melancarkan promosi. Harga Handphone seragam dari Aceh hingga Papua. Kurang lebih begitu beritanya. Ini adalah smartphone touchscreen pertama yang kumiliki. Meskipun saat itu, aku ingat betul, bapakku memberikan satu handphone NOKIA C300  lantaran ia membeli hape baru. 

Hasil gambar untuk nokia c300
NOKIA C300
Sumber : pricebook.co.id
Memiliki dua handphone dan dua nomor menjadi sesuatu yang lumrah kala itu. Saat itu, trend smartphone sedang mewabah. Aku sendiri kadang berpikir,bahwa fase perkembangan handphone begitu cepat, pesat dan luar biasa. Gak kebayang deh di tahun 2004, saat handphone masih layar hitam putih dan nada dering polyponic dapat berubah hanya dalam satu decade menjadi smarphone dengan beragam pilihan warna dan nada dering yang jutaan suara. Serta fungsinya yang sudah banyak betambah. Handphone bukan lagi sekadar alat komunikasi menerima pesan suara saja. Namun sudah beralih fungsi menjadi  teman pribadi untuk chat, bermedia sosial. Membaca berita, nonton dan lain-lain.
Menginjak usia 3 tahun kepemilikan, akhirnya aku haru mengganti handphone lantaran OPPO ku hilang. Ini pelajaran untuk rekan-rekan semuanya agar berhati-hati ketika membawa handphone ke tempat umum. Serta jangan teledor dan mengurangi sifat pelupa.  Saat itu, handphoneku hilang lantaran secara tidak sengaja aku letakkan disebelahku duduk. Ketika itu aku asyik mengobrol dengan temanku. Kami berniat makan. Dan aku baru sadar handphoneku hilang setibanya di lokasi makan. Jadilah akhirnya untuk sementara waktu, aku menggunakan handphone NOKIA pemberian bapakku untuk bisa berkomunikasi. Tidak berselang lama aku memutuskan membeli handphone kembali merek OPPO (aku lupa serinya). Itu bertahan sekitar 2 tahun hingga kemudian aku diberi suami Handphone dengan merek XIAOMI Redmi 3 yang aku pakai hingga saat ini. Spesifikasi dan fitur yang ada di handphone ini pun sudah jauh lebih baik dari semua handphone milikku sebelumnya.
Hasil gambar untuk xiaomi redmi 3
XIAOMI REDMI 3
Sumber : iprice.co.id
Begitulah kira-kira transformasi perubahan handphone yang kumiliki dari awal hingga saat ini. Namun, satu catatan menarik bahwa perkembangan alat komunikasi bernama Hanphone memang akan terus berjalan. Tidak menutup kemungkinan bahwa ke depan pun media komunikasi ini akan terus mengalami kemajuan yang bakalan lebih menakjubkan. 

Tidak ada komentar

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)