Tiga Masakan Berkuah Favoritku, Apa Favoritmu?

Hasil gambar untuk kulineran
sumber :idntimes.com

Kulineran....

Siapa sih yang ga suka dengan kegiatan yang menyenangkan ini. Mencicipi berbagai jenis masakan yang unik, menarik, nano-nano tentunya akan menyisakan kenangan dan cerita tersendiri bagi seseorang. Termasuk diriku. Apalagi kalau kita kebetulan tengah traveling ke berbagai tempat di dalam maupun luar negeri. Maka Berburu kulineran sudah menjadi satu agenda yang wajib dilakukan. Kita akan mendapatkan sensasi ketika makan masakan yang belum pernah di cicipi sebelumnya. Bisa cerita ke temen, jadi bahan cerita di blog dan tentunya target postingan di Instagram (bercanda).Heheh. Ngomong-ngomong soal masakan, aku memang cukup demen mencicipi masakan yang berkuah. Kenapa? Karena bikin ga seret (kering) ketika makan. Karena masakan tersebut ada airnya. Nah, berikut ini adalah beberapa masakan berkuah yang memang jadi favoritku.

Pertama, Soto
Hasil gambar untuk soto
sumber : resepkoki.id
Soto merupakan makanan berkuah yang memang punya cita rasa yang lezat. Perpaduan bumbu dan rempahnya memang bisa mengoyang lidah. Kulineran yang satu ini memang memiliki berbagai variasi di berbagai daerah. Kalau kita ke padang, kita bakal ketemu sama soto padang, terbang ke Jakarta, kita akan disuguhi dengan soto betawi yang khas dengan santannya, beranjak ke  Solo, kalian akan ketemu dengan soto ayam dan daging khas solo, melipir ke Kudus akan ketemu soto kudus, jalan ke banjar ketemu soto banjar, singgah di lamongan ketemu soto lamongan, melancong ke makasar ketemu Coto Makasar. Masing-masing soto di tiap wilayah punya ciri yang berbeda. Meski berbeda, inilah yang bikin kita kangen. Karena kesemuanya punya ciri khas masing-masing. Aku pribadi memang doyan makan soto solo dan soto betawi. Sedangkan bapakku, paling demen sama soto solo khas langanannya. Tak heran bila beliau ke solo, hampir bisa dipastikan dia akan mampir ke warung soto langganannya.

Kedua, Bakso
Hasil gambar untuk bakso
sumber : ramesia.com
Makanan yang satu ini adalah makanan yang merakyat dan terbuat dari daging giling. Kalau dulu kita mengenal bakso bentuknya bulat. Namun, saat ini, bentuk bakso telah mengalami banyak transformasi. Bentuknya sudah ada yang seperti bentuk hati atau love dan sering dikenal dengan bakso cinta. Ada juga yang bentuknya kerucut menyerupai tumpeng dan dikenal dengan bakso tumpeng. Serta masih banyak lagi jenis bakso yang bisa ditemukan dengan nama-nama yang cukup unik dan menarik. Misal bakso mercon, bakso raksasa, bakso rawit, bakso setan dan lain-lain.  Bakso pun sudah hampir bisa dipastikan bisa ditemukan dimana-mana dengan mudah. Mau dari kelas restaurant, hingga gerobak dorong khas kaki lima pun ada. Tergantung budget kita. Masakan berkuah ini merupakan alternative pilihan tepat di segala suasana. Tak jarang, bakso pun menjadi pilihan ketika kita enggan makan nasi. Nah, sekarang coba deh bayangkan makan bakso saat udara dingin sembari ditemani es jeruk. Amboi, rasanya nikmat.

Ketiga, Tomyang
Hasil gambar untuk tom yang
sumber : bangka.tribunews.com
Entah sejak kapan aku suka dengan makanan khas berkuah dari Thailand ini. Dulu ketika sempat menginjakkan kaki di negeri gajah putih ini. Secara tidak sengaja aku dan kedua rekanku memesan tomyang. Karena saat itu aku memang belum familiar dengan makanan ini, maka keinginan untuk mencoba pun cukup besar. Ketika terhidang, aku melihat mangkok dengan kuah yang terlihat merah yang mengindikasi bahwa masakan itu pedas. Awalnya aku ragu, karena aku memang bukan pecinta pedas. Namun, dengan satu cicipan telah berhasil membuatku suka dengan makanan berkuah ini. Racikan bumbunya pas. Di Thailand sendiri, tomyang dikenal sebagai sup yang dibuat dengan udang ataupun makanan laut yang dicampur dengan jamur.
Nah, kalau kalian sendiri, apa makanan berkuah favorit kalian ya?

Tidak ada komentar

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)