Langkah Meraih Mimpi dengan Prinsip D-U-I-T



Scrabble, Bercita-Cita Tinggi, Catatan
Sumber : Pixabay.com
Mimpi adalah kunci Untuk Kita Menaklukan Dunia

( Ost “Laskar Pelangi”)


Penggalan syair dari salah satu Ost Laskar Pelangi telah  mengingatkan kita betapa pentingnya kita memiliki mimpi. Siapapun itu, orang kaya, orang miskin, tua dan muda semuany berhak untuk memiliki mimpi. Bahkan ada ungkapan yang menyatakan bahwa bila seseorang tidak memiliki mimpi, bisa dipastikan orang itu akan mati. Perlu dicatat ya sobat semua, mimpi bukanlah sekadar angan-angan dan khayalan semata, namun merupakan cita-cita yang memang harus diperjuangkan untuk diraih dan diwujudkan. Tiap orang tentu saja memiliki mimpi dan cita-cita yang berbeda. Ada orang yang punya mimpi memiliki sekolah, berhaji, sekolah keluar negeri, punya pasangan idaman, punya usaha yang sukses dan lain sebagainya. Lantas bagaimana cara kita untuk dapat mewujudkan mimpi tersebut. Prinsip yang terpenting  itu dapat kita singkat dengan kata  DUIT. Nah apakah DUIT yang dimaksud disini. Yuk, simak berikut ulasannya : 
D = Doa
Anak, Berdoa, Muslim, Islam, Iman, Agama
sumber : pixabay.com
Sebagai makhluk Tuhan, manusia telah diberi akal serta kemudahan untuk meminta segal sesuatu kepada Tuhan melalui Doa. Banyak orang telah menuliskan mengenai pentingnya Doa yang senantiasa harus kita sampaikan kepada Tuhan. Karena Tuhan lah yang memegang kuasa.

    U = Usaha 
Teka Teki, Pertandingan, Setuju
Sumber : pixabay.com
Usaha  adalah langkah dan cara yang harus kita tempuh untuk bisa mencapai cita-cita dan mimpi. Ada banyak jalan menuju Roma. Ungkapan ini kiranya benar adanya.Misalnya , bila seseorang hendak pergi ke Jakarta dari Bengkulu. Maka, ia dapat menggunakan transportasi udara seperti pesawat, kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil. Atau bahkan menggunakan sepeda dan berjalan kaki. Hingga kemudan sampai tujuan. Namun yang perlu dicatat ialah, bahwa cara yang kita lakukan mestilah harus positif dan benar. Jangan sampai kita terjebak dengan cara dan langkah yang salah. Karena hasil yang diperoleh pun tidak baik. Misalnya : kita ingin kaya, maka kita harus bekerja keras, jangan melakukan tindakan seperti mencuri ataupun merampok dan korupsi. Karena cara tersebut jelas tidak berkah dan diridhoi Tuhan. Sebaiknya menyusun prioritas yang bertahap untuk memudahkan kita mencapainya. Semacam Renstra (rencana Strategis) yang sifatnya jangka pendek, menengah dan panjang. Misalnya : Ditahun 2019 ini punya cita-cita a, b, c, d, kemudian di tahun 2020 pun demikian. Sehingga tersistematis dan terarah untuk mencapai tujuan yang besar.
sumber : pixabay.com
 Tak ada salahnya membuat dreams book (buku impian) yang dapat dibuka sewaktu-waktu. Kemudian, kita pun dapat melakukan afirmasi (membayangkan seolah-olah) kita meraihnya. Tujuannya agar masuk ke alam bawah sadar sehingga dapat menjadi penyemangat untuk kita mewujudkannya.

I =  Ikhtiar
Pada dasarnya ikhtiar hamper dapat dimaknai sama dengan Usaha. Ikhtiar adalah usaha yang keras dan pantang menyerah untuk mencapai sesuatu yang dicita-citakan. Ibaratnya jangan jadi pecundang dengan mengaku menyerah sebelum berusaha dengan giat dan gigih. Karena kita sama sekali tidak tahu sudah sedekat apa kita dengan cita-cita kita.

     T = Tawakal
Tawakal dapat diartikan sebagai kepasrahan dan keikhlasan dalam diri untuk menggantungkan semuanya kepada Allah. Menyakini dengan sepenuh hati bahwa apapun yang diberikan Allah adalah yang terbaik. Allah Maha Mengetahui segalanya. Ada ungkapan yang menyatakan bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses. Itulah yang harus menjadi prinsip yang harus dipegang.

Nah, bagaimana dengan sobat semua? Semoga kalian semuanya punya mimpi dan senantiasa bersemangat untuk mewujudukannya.


Tidak ada komentar

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)