Flash Blogging Bengkulu : Event Kekinian Bertajuk " Menuju Indonesia Maju"

sumber : daenggasing.com
 Flashblogging? Apaan tu?

Awalnya dimulai ketika salah seorang rekanku membagi sebuah informasi mengenai event Flashblogging yang akan di selenggarakan di Bengkulu. Bingung? Jelas. Meski banyak kegiatan pelatihan dan seminar yang kuikuti, namun event bernama flashblogging ini memang masih awam. Maklum, ini adalah kali pertama aku mengikuti event bernama flashblogging ini. Setelah searching, akhirnya kutemukan definisi tentang flashblogging . Flashblogging merupakan event bersama untuk mengumpulkan para blogger aktif dengan tujuan menyimak informasi dari instansi atau pihak tertentu, selanjutnya hasil dari event tersebut dapat ditulis serempak secara on the spot. Hingga akhirnya, sebuah postingan informasi di grup menjelaskan bahwa event ini akan diselenggarakan di Kota Bengkulu pada Jumat, 27 April 2018 di Hotel Amaris, Bengkulu. 
Jumat pun tiba, meski sudah mencari berbagai informasi, namun beragam ekspektasi masih bermunculan dalam benakku mengenai event bernama flashblogging ini.
Jumat, 27 April 2018 pukul 09.10, aku pun tiba di hotel amaris. Lantunan lagu Indonesia Raya terdengar mengetarkan jiwa. Pembukaan acara ini dimulai dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya secara bersama kemudian disusul dengan kata sambutan dari beberapa pihak terkait. Ketika masuk, aku melihat spanduk terbuka lebar dengan tajuk :”Menuju Indonesia Maju”. Tema yang benar-benar kekinian. Ditengah hiruk pikuk nuansa politis menjelang pemilihan presiden Tahun 2019 mendatang. Hingga akhirnya, 2 narasumber utama pun menyampaikan materi yang telah disusun.
 Sosok pertama yang menyampaikan materi bernama Pak Handoko, beliau merupakan salah satu tim Informasi Kepresidenan. Beliau menyampaikan mengenai kondisi Indonesia saat ini, beberapa video pun ditampilkan dengan seksama. Mengenai Pemertaan Indonesia yang berkeadilan. Disamping itu, beliaupun berpesan agar bijak memanfaatkan media serta dapat  menangkal hoax yang berkembang di masyarakat. Tidak ketinggalan, beberapa doorprize pun diselipkan. Dua orang rekanku pun akhirnya mendapatkan doorprize berupa payung cantik. Dalam tampilan, beliau sempat menyampaikan bahwa saat ini Indonesia tengah bebenah, pemerataan yang bekeadilan menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah saat ini. Para peserta pun menyimak dengan seksama. Kurang lebih 45 menit beliau menyampaikan materinya. Hingga selanjutnya berlanjut ke narasumber kedua, yang merupakan founder Kumpulan Emak Blogger bernama Mira Sahid, Beliau adalah blogger aktif sekaligus pelatih yoga. Meski sudah emak-emak, beliau masih tampil trendy dan berjiwa muda. Muatan positif ada dalam materinya. Hal ini dapat dilihat ketika beliau menyampaikan mengenai Esensi dari menulis di blog itu sendiri? Menulis perlu tujuan.  Tak lupa pula ia menyampaikan bahwa sebagai blogger kita memiliki kewajiban untuk memajukan Indonesia melalui tulisan yang bermanfaat. You are what you write, begitu kiranya filosofi yang perlu dijunjung tinggi. Kita perlu melakukan Konsep THINK sebelum menyebarluaskan informasi kepada orang lain.
T = is It True (Benarkah informasi yang akan kita sampaikan kepada orang lain ?)
H = is it Hurtful (Menyakitkan kah informasi yang kita sebarkan bagi orang lain?)
I = is it Ilegal? (Ilegalkah informasi yang akan kita sebarluaskan?)
N= is it Neccesary ? (Apakah informasi yang kita sebarkan memang berdasarkan   

     kebutuhan?)
K=it is kind?(santunkah tutur bahasa tulisan kita)

 
Sehingga, seorang blogger sebaiknya menyimak dan memegang teguh prinsip ETIKA di tengah masifnya informasi yang ada di media digital. Disamping itu juga, beliau pun selalu mengingatkan agar tulisan kita dapat bermanfaat untuk orang lain. Tidak terasa, 45 menit waktu berjalan. Akhirnya, materi yang disampaikan oleh beliau ditutup dengan tepuk tangan meriah dari para peserta yang hadir. Sesi diskusi dan tanya jawab pun dibuka. Para peserta dipersilahkan untuk bertanya kepada para narsumber yang ada. Satu persatu pertanyaan pun dijawab oleh para narasumber. Hingga selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan pemilik blog mirasahid.com ini dan para peserta yang lain.

4 komentar

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)