Serba-Serbi Bandar Udara Internasional Frankfurt, Jerman


Bandar Udara Ienternasional Frankfurt, Jerman (pixabay.com)
Selain sebagai salah satu destinasi belajar para pelajar di seluruh dunia. Jerman rupanya menjadi negara wisata oleh para turis dunia. Banyak Kota di Jerman yang memiliki peran penting bagi keberlangsungan Jerman. Selain Berlin, frankfurt pun menjadi salah satu  kota yang penting dan sibuk. Dengan kepadatan penduduk, dan pertumbuhan industrinya, frankfurt menjelma menjadi kota metropolitan yang penuh dengan kesibukan dan aktivitas.Oleh karena itu, transportasi udara menjadi salah satu sarana yang memegang peranan penting. Sebagai bentuk pelayanan, Pemerintah Jerman pun telah membangun Bandar Udara Internasional Frankfurt. Di kancah internasional bandara ini pun banyak dikenal dengan sebutan bandara Rhein-Main. Oleh IATA bandara ini diberi kode FRA. Tidak cukup hanya disitu, pelayanan dan fasilitas yang ada di bandara pun terus ditingkatkan. 

Pixabay.com
Hingga akhirnya dengan kemampuan pelayanan serta fasilitas yang memadai, bandara ini pun masuk dalam jajaran sebagai bandara yang paling sibuk no 9 di dunia. Bayangkan saja, dalam kurun waktu 7 bulan, mulai dari Januari hingga Juli 2011 jumlah penumpang mencapai 32,090,166 penumpang. Hingga diperkirakan jumlah tersebut akan terus bertambah seiring peningkatan kunjungan para wisatawan maupun pelajar dari seluruh penjuru dunia. Tiap tahunnya bandara ini mampu menampung hingga 58 juta penumpang. Bisa dibayangkan kah? 
Untuk bangunan fisik sendiri, bandara ini, memiliki 4 landasan pacu serta dua terminal yang dapat menampung banyak pesawat dan penumpang dari berbagai wilayah di seluruh penjuru dunia. Meski begitu, bandara yang memiliki panjang landasan pacu hingga 518 meter ini hanya dapat digunakan secara estafet saja, hal ini dikarenakan turbulensi atau pergerakan aliran udara yang memudahkan pesawat bergoncang baik besar maupun kecil pada saat pendaratan.  Dalam sebuah data statstik dijelaskan bahwa dalam periode waktu antara pukul 06.00-14.00 tercatat ada 82 kali pergerakan pesawat. Sedangkan pada pukul 14.00-22.00 pun tercatat ada sekitar 83 pergerakan pesawat yang terbang landas di bandara ini. Sebagai salah wilayah yang berpengaruh di Jerman, bandara ini melayani 298 negara  dari 110 negara meliputi Asia, Afrika, Australia, Eropa hingga Amerika. Selain itu, bandara Internasional Frankfurtpun merupakan salah satu bandara yang telah menerapkan sistem bagasi otomatis. Sehingga memudahkan pelayanan saat check-in. Dan sistem bagasi otomatis tersebut telah berlangsung dari tahun 1972. Beberapa maskapai kelas dunia pun banyak mendarat di bandara ini. Bahkan dalam catatan sejarah, Boeing 737-400 yang digunakan oleh maskapai Garuda Indonesia pernah mendarat di Bandara Internasional Frankfrut pada tahun 2000. Selain itu hangar airlines yang terdapat pada bandara ini diperuntukkan oleh beberapa maskapai penerbangan seperti : Lufthansa, Condor Flugdienst , Jet Executive , XL Airways German Aerologic, Air Cargo Germany.

Tidak ada komentar

Terimakasih telah berkunjung Ke Blog Saya, rekan-rekan yang budiman (^_^)